Digital Literacy Transformation of Learners with Special Needs through TPACK Approach in IPAS Learning in Elementary School

Authors

  • Renanda Ajeng Pramusti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Bahrul Ulum Universitas Muhammadiyah Malang
  • Maharani Putri Kumalasani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jlils.v4i2.122

Keywords:

Digital Literacy, Dyslexia, IPAS, Slow Learner, TPACK

Abstract

Students with special needs, such as slow learners and dyslexia, experience challenges in filtering valid information. With this, digital literacy in slow learners and dyslexic students through the TPACK approach is a solution to this problem. This study aims to analyze the transformation of digital literacy of slow learners and dyslexic students through the TPACK approach in IPAS subjects, especially social studies. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques: observation, interviews, and documentation. The results showed that the digital literacy of slow learners and dyslexic students increased significantly through interactive map technology, e-comic, and Google Classroom in social studies subjects. The results of this research are expected to contribute to developing more effective and inclusive technology. This research can also be a reference for educators using the TPACK approach to improve digital literacy.

References

, S., Lidya Sumarni, M., Victor, T., Saputro, D., Guru, P., Dasar, S., & Bhuana, S. (2024). Pengaruh Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Keterampilan Guru dalam Mengimplemtasikan Pembelajaran Berbasis Digital. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 4).

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan kolaborasi siswa melalui model project based learning menggunakan zoom pada materi ekosistem. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 143–149.

Anwar, R. (2023). Bimbingan Klasikal Hots Dan Tpack Dalam Kurikulum Merdeka: Suatu Pendekatan Best Practice. Feniks Muda Sejahtera.

Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayanti, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 7–18.

Chatib, M. (2012). Sekolah anak-anak juara: berbasis kecerdasan jamak dan pendidikan berkeadilan. Kaifa.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (n.d.). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96.

Daulay, M. I. (2020). Belajar IPS Dengan Komik? Kenapa Tidak.

Destiyanti, I. C., & Halawati, F. (2023). TPACK Approach in the Context of Special Needs Students: Reflections from the Field (pp. 86–96). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-236-1_10

Elti, Y., Rahmi, A., Studi Bimbingan Dan Konseling, P., & Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, F. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Membimbing Peserta Didik Slow Learner Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kinali Pasaman Barat. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 7117–7126.

Farahtika, A. (2023). PENINGKATAN MINAT BACA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING. SOCIAL STUDIES, 8(2).

Fitriana, D., Irmata Putri, R., FajriN, E., & An Shoriah, K. (n.d.). Tinjauan Terhadap Paradigma Pengembangan Anak: Strategi Pendidikan Untuk Memperkuat Potensi Siswa Slow Learner DI SDN 03 Alai.

Herni, H., Waspodo, M., & Wibowo, S. (2022). MONOGRAF PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID.

Komalasari, M. D. (2015). Metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar.

Lia Tasliah, A., Nuraeni, A., & Fauzi Rachman, I. (2024). LITERASI DIGITAL: KUNCI MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS MELALUI PERSPEKTIF SDGS 2030. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 154–165. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1385

Mahka, M. F. R., Umar, N., Zuhriyah, S., & Sukanda, N. L. (2023). Strategi Hukum Preventif dalam Meningkatkan Perlindungan Anak di Era Digital. Prosiding SISFOTEK, 7(1), 371–379.

Martiningsih, D. (2023). E-PUB SEBAGAI TEKNOLOGI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS NETRA. OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 31.

Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0). Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 114–121.

Mukhid, M. P. (2023). Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan. Pustaka Egaliter. Com.

Mukri, R., & Rusydi, L. N. (2024). EDUKASI DISMIS INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMP PGRI TENJOLAYA KABUPATEN BOGOR. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 155–162.

Naila, I., Ridlwan, M., & Haq, M. A. (2021). Literasi digital bagi guru dan siswa sekolah dasar: Analisis konten dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 122–166.

Nandiansyah, A., Raihana, R., & Berlian, C. (2022). Kesadaran Hukum Perlindungan Hak Cipta Bagi Pengguna Karya Cipta Sinematografi Pada Media Internet. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 1(2), 77–87.

Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Arya Dwi Putra Journal of Human And Education, 3(2), 337.

Oktaviani, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1. Journal of Special Education Lectura, 2(1), 24–30.

Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam era Digital. Penerbit Widina.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Penerbit Andi.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Pinta, Y., & Yanti, S. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan E-Comic Interaktif Kumbuah Meningkatkan Literasi di Kelas Inklusi. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 4(1), 29–37.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021a). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021b). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808.

Rahayu, A. W., Januar, H., Miyono, N., & Khasanah, S. K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2471–2480.

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.

Riniwanti, R., Nursalam, N., & Arifin, J. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Kinemaster dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V UPTD SDN 14 Samanggi Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 263–277.

Road-Map-Reformasi-Birokrasi-Kominfo-Tahun-2020-2024-1. (n.d.).

Sabila, F. N., Nurbaiti, I. S., Fauziah, K., Shalihat, Q., & Rustini, T. (2024). Peran Pembelajaran IPS dalam Pengembangan Karakter dan Sosial pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22479–22484.

Said, S. (2023). Peran teknologi digital sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194–202.

Saputri Rahayu, M., & Ilmu Pendidkan dan Pengetahuan Sosial Program Studi Pendididkan Geografi, F. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM BENTUK POSTER DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIMPANG HILIR. In Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi dan Pariwisata (Vol. 4, Issue 1).

Scherer, R., Tondeur, J., Siddiq, F., & Baran, E. (2018). The importance of attitudes toward technology for pre-service teachers’ technological, pedagogical, and content knowledge: Comparing structural equation modeling approaches. Computers in Human Behavior, 80, 67–80.

Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi literasi digital dalam menyongsong siswa sekolah dasar menuju generasi emas tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 411–427.

Sormin, S. A., Siregar, A. P., & Priyono, C. D. (2019). Konsepsi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah di Era Disruptif.

Sumadikarta, I., & Kurniadi, O. (2023). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS LOCATION BASED SERVICE UNTUK PENCARIAN WILAYAH KRISIS PANGAN. JURNAL LIMITS, 20(2), 60–72.

Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046–3054.

Suprihatiningrum, J., Jahidin, A., Aminah, S., & Hanjarwati, A. (2021). PANDUAN MODIFIKASI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI: Pendekatan Universal Design for Learning (UDL) dan Adaptasi. Suka Press.

Supriyanto, S., Ibrahim, J. S., Novarida, D., Rahmah, H. R. F., & Firdaus, F. F. (2023). Penggunaan Google Classroom

terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMP di Era Disrupsi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1470–1476.

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., Thaariq, Z. Z. A., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–14.

Tanjung, A. Q., Suciptaningsih, O. A., & Asikin, N. (2024). Urgensi Etika Dalam Literasi Digital Di Era Globalisasi. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 32–41.

Thohir, M., Reditiya, V. E., & Sari, N. I. P. (2023). Refleksi mahasiswa dalam berkeadaban digital melalui ChatGPT. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128.

Turnip, R. S. (2023). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2302–2310.

Utami, R. (2019). Analisis respon mahasiswa terhadap penggunaan google classroom pada mata kuliah psikologi pembelajaran matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.

Wahyuni, D. S., Karisma, N. A. M., & Rachman, I. F. (2024). MEMAHAMI STRATEGI, TANTANGAN, DAN SOLUSI PENGINTEGRASIAN LITERASI DIGITAL DALAM KURIKULUM INKLUSIF UNTUK SDGs 2030. JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT, 1(5), 230–243.

Zainil, M., Putra, A. P., & Saúd, U. S. (2022). Pengembangan Model Pedagogy Digital Tematis Berbasis Literasi di Sekolah Dasar: Program Riset Kolaborasi Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Renanda Ajeng Pramusti, Bahrul Ulum, & Maharani Putri Kumalasani. (2024). Digital Literacy Transformation of Learners with Special Needs through TPACK Approach in IPAS Learning in Elementary School. Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 4(2), 58–68. https://doi.org/10.24036/jlils.v4i2.122