The Impact of the Contextual Teaching and Learning (CTL) Model on Student Learning Outcomes in Learning Banking Basics

Authors

  • Pujiati Wahyuni Teacher Professional Education Program, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Elana Era Yusdita Accounting Education Study Program, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Yayuk Harumiati SMKN 5 Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/jlils.v4i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata kuliah dasar perbankan di SMK Negeri 5 Kota Madiun. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan melibatkan 33 siswa dari jurusan akuntansi. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, post-test, refleksi siswa dan guru, serta observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari siklus I, dengan rata-rata nilai tes akhir sebesar 58,33 ke siklus II dan rata-rata nilai tes akhir sebesar 93,93. Sebagian besar siswa melaporkan pengalaman positif dengan model CTL, dengan peningkatan keterlibatan dan pemahaman materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model CTL efektif meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa, menjadikannya sebagai strategi pengajaran yang berharga dalam pendidikan kejuruan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa CTL dapat menjadi pendekatan utama untuk meningkatkan pembelajaran di lingkungan kejuruan, khususnya dalam pembelajaran akuntansi dan perbankan .

References

Aji Tsaqofi Avisiena, Siswandari, N. H. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantu Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Etika Profesi Akuntansi Pada Siswa Smk. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(1), 1–13.

Azis, D. (2017). Pengaruh Model Contextual Teaching Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 5(1), 56. https://doi.org/10.17509/jpak.v5i1.15409

Dimitrios, B., Labros, S., Nikolaos, K., Maria, K., & Athanasios, K. (2013). Traditional teaching methods vs teaching through the application of information and communication technologies in the accounting field: quo vadis? European Scientific Journal, 9(28), 73–101. Retrieved from file:///C:/Users/Nikki Mark -Worrell/Downloads/1885-5666-1-PB (1).pdf

fe.ugm.ac.id. (2020). Challenges of Accounting Education and Accountant Profession in the New Normal Era. Retrieved November 25, 2024, from https://fe.ugm.ac.id/en/news/3080-challenges-of-accounting-education-and-accountant-profession-in-the-new-normal-era#:~:text=curriculum%2C such as the,discusses relevant and current

Haryanto, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 112–121.

Pakpahan, S. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Aircraft-Electrical Peserta-Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(2), 198–216. https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.51032

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Qudsyi, H., Wijaya, H. E., & Widiasmara, N. (2018). Effectiveness of Contextual Teaching and Learning (CTL) to Improve Students Achievement and Students’ Self-Efficacy in Cognitive Psychology Course, 164(Icli 2017), 143–146. https://doi.org/10.2991/icli-17.2018.27

Rahardjo, P. (2021). (2021). Model pembelajaran berbasis konteks untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 8(3), 150–158.

Rehab U. Trabulsi. (2018). Accounting Students’ Attitudes toward Traditional and Modern Teaching Methods: The Saudi Context. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 22(5). Retrieved from https://www.abacademies.org/articles/accounting-students-attitudes-toward-traditional-and-modern-teaching-methods-the-saudi-context-7579.html#:~:text=teaching environment and most,approaches of teaching including

Rosário, A. T., & Raimundo, R. (2024). Enhancing Business Higher Education Through Simulation-Based Learning, Problem-Based Learning, and Challenge-Based Learning. https://doi.org/10.20944/preprints202407.0747.v1

Samsudin, A., Raharjo, T. J., & Widiasih. (2023). Effectiveness of Contextual Teaching Learning (CTL) and Problem Based Learning (PBL) Models in Class VI Science Subjects on Creativity and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9324–9331. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5290

Singaraja, N., Genap, S., & Pelajaran, T. (2020). Proses belajar mengajar ialah sebuah usaha yang akan mempengaruhi emosi , intelektual dan spiritual seseorang . Menurut Sidi Gazalba dalam Aman ( 2011 : 15 ) sejarah ialah lukisan masa lampau tentang manusia yang dirangkap secara ilmiah dengan artian dan.

Solichin, M. R. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Learning ( Ctl ) Pada Materi Bank Dan, 4(2), 122–133.

Suhartono, B. (2020). Masalah teknis dalam penelitian berbasis eksperimen: Solusi dan rekomendasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 55–63.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Tamur, M., Jehadus, E., Nendi, F., Mandur, K., & Murni, V. (2020). Assessing the effectiveness of the contextual teaching and learning model on students’ mathematical understanding ability: A meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012067

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yanuarto, W. N., Fahmi, Astuti, Wijayanti, & Tarjo, D. C. S. H. M. S. S. J. M. L. R. L. H. K. R. M. M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.

Yuniarti, A. (2019). Persiapan teknis dalam penelitian pendidikan: Mengurangi risiko gangguan. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian, 12(4), 204–212.

Zainul, Z. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Kooperatif Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Comparison Kelas XI Akuntansi 2 Semester Genap …. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 6331–6340. Retrieved from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5611%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/5611/3951

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Wahyuni, P. ., Yusdita, E. E., & Harumiati, Y. . (2024). The Impact of the Contextual Teaching and Learning (CTL) Model on Student Learning Outcomes in Learning Banking Basics. Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 4(2), 69–76. https://doi.org/10.24036/jlils.v4i2.125